Bahan Ajar

Bahasa Inggris

Kelas XI IPA1-3 & XI IPS 1-2

Semester 2

Tahun Pelajaran 2010/2011

 

PENGANTAR

Para siswa yang budiman,

Selamat berjumpa dalam pelajaran Bahasa Inggris melalui blog. Mudah-mudahan kita selalu sehat walafiat dan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa. Bahan ajar ini ditujukan untuk para siswa agar Anda semua setelah selesai mempelajari bahan ajar ini, kemampuan berbahasa Inggris Anda akan meningkat terutama pada ketrampilan berbahasa yang akan dipelajari pada modul ini, yaitu MEMBACA, dengan materi  NARRATIVE. Bahan ajar ini akan menuntun Anda untuk memahami bentuk teks, tujuan, isi teks, dan ciri kebahasaan.

Pelajarilah bahan ajar ini hingga Anda bisa menguasai dengan baik. Untuk mengetahui apakah Anda telah menguasai materi ini, kerjakan tugas yang disediakan pada akhir Kegiatan Belajar, kemudian cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban yang telah tersedia.

v  Pelajari kembali tugas yang belum terjawab dengan benar sehingga Anda yakin betul bahwa Anda telah menguasai Kegiatan Belajar tersebut.

v  Untuk mengerjakan bahan ajar ini disediakan waktu 4 X 45 menit, temasuk waktu untuk mengerjakan Tes Akhir bahan ajar.

v  Perlu diingat bahwa untuk memperoleh pengalaman menggunakan bahasa, Anda perlu berpartisipasi penuh. Artinya, latihan-latihan bukan hanya dilakukan sekedar untuk menyelesaikan tugas, melainkan perlu diikuti dengan usaha maksimal.

Akhirnya saya ucapkan selamat belajar dengan baik, semoga Anda bisa memahami seluruh materi modul ini.

 

STANDAR KOMPETENSI

5. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk Narrative dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

 

KOMPETENSI DASAR

5.2.    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative.

 

INDIKATOR

Setelah mempelajari modul ini, diharapkan Anda dapat

  1. mengidentifikasi makna kata dalam teks narative.
  2. mengidentifikasi komplikasi dalam sebuah cerita narative.
  3. mengidentifikasi pesan moral dalam sebuah cerita narative.

 

KEMAMPUAN PRASYARAT

Untuk mempermudah dalam memahami materi yang ada pada bahan ajar ini, Anda diharapkan telah mengetahui seluk beluk bentuk teks narrative pada ketrampilan  mendengarkan yang telah Anda pelajari sebelumnya

 

NARRATIVE

 

PRETEST

Untuk mengetahui kemampuan awal Anda, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini

  1. Mention the steps of constructing a narrative!
  2. Mention the purpose of narrative!

 

A. PENGERTIAN

Narrative adalah bentuk teks yang menceritakan suatu cerita dan bertujuan menghibur atau menyampaikan informasi kepada pembaca atau pendengar.

B. KERANGKA TEKS (TEXT STRUCTURE )

Orientasi (orientation)

Bagian ini dapat berupa paragrap, gambar atau bagian pembuka yang menceritakan kepada pembaca atau pendengar tentang siapa (who) diceriterakan dalam cerita tersebut, dimana (where) ceritera itu terjadi dan kapan (when) cerita itu terjadi.

Komplikasi (complication)

Komplikasi berisi peristiwa yang mempengaruhi atau memicu apa yang akan terjadi berikutnya

dalam ceritera tersebut.

Rangkaian peristiwa (sequence of events)

Urut-urutan peristiwa yang menceritakan reaksi tokoh-tokoh terhadap komplikasi atau kejadian yang memicu masalah.

Pemecahan masalah (resolution) 

Dalam bagian ini akhirnya tokoh-tokoh dapat memecahkan masalah.

Coda

Coda menyampaikan komentar atau ajaran moral berdasarkan apa yang telah diajarkan dalam ceritera tersebut.

 

C. CIRI KEBAHASAAN (language feature)

  • Tokoh-tokoh dalam cerita khas (spesific characters)
  • Menggunakan kata-kata penunjuk waktu (time words) mis; one day, the next day,at the end of the ten days untuk menghubungkan kejadian
  • Menggunakan kata kerja bentuk lampau (past tense)
  • Menggunakan kata-kata yang menggambarkan tokoh dan tempat kejadian (descriptive words) misalnya; beautiful, kind-hearted, generous.

 

Contoh teks narasi berikut, yang disertai dengan penjelasan kerangka karangan dan ciri kebahasaan akan membantu Anda untuk lebih memahami teks berbentuk narative.

 

A Lion and a Rabbit

One day, a lion was awakened from sleep by a rabbit running over his face. Rising up angrily, he caught him and was about to kill him when the rabbit piteously

entreated, saying, “If you would only spare my life, I would be sure to repay your kindness.”

The lion laughed and let him go. It happened shortly after this that the lion was caught by some hunters, who bound him with strops to the ground. The rabbit recognizing his roar, came gnawed the rope with his teeth, and set him free, exclaiming.

“You ridiculed the idea of my ever being  able to help you, expecting to receive from me any repayment of your favor; now you know that it is possible for even a rabbit to confer benefits on a big lion.”

http:/oak.nvg/faa.html#bowmanlin

 

Text structure (kerangka teks):

  • Orientation                                  : Who (a lion and a mouse), when (one day)
  • Complication                             : a mouse running over the lion’s face.
  • Sequence of events                : paragraph 2
  • Resolution                                   : paragraph 3

Language Feature (ciri kebahasaan):

  • Specific characters                : a lion and a mouse
  • Time  words                                : one day
  • Past tense                                     : was, caught,entreated,laughed, ridiculed, etc
  • Descriptive words                  : piteously, sure, possible

Sekarang, untuk memahami isi teks silakan Anda berlatih menjawab pertanyaan berikut:

 

Answer the following questions acccording to the above text!

  1. Who are the main characters in the story?
  2.       Why did a lion rise up angrily
  3. Did a lion finally kill the mouse? Why?
  4. Can you discribe the lion’ character? Mention it!
  5. How did hunters catch the lion?
  6. What did a mouse do knowing that a lion trapped by some hunters?
  7. What lesson that can we get from the story?

 

Apakah Anda sudah menjawabnya?

Jika jawaban Anda dari pertanyaan di atas adalah:

  1. A lion and a mouse
  2. Because a mouse was running over his face
  3. No, he didn’t. Because a mouse sid that he would repay the lion’s kindness
  4. Yes, I can. Underestimate smaller animals
  5. By bonding him with storps to the ground
  6. By grawning the rope with his teeth and set him free
  7. Never underestimate others

 

maka Anda memang telah paham pada bahan ajar ini. Kini saatnya Anda melanjutkan Uji Kompetensi. Tetapi jika Anda masih mengalami kesalahan, silakan Anda pelajari kembali.

 

 

UJI KOMPETENSI

Read the text carefully and answer the question according to the text

 

The shepherd’s Boy

       There was once a young shepherd boy who tended his sheep at the foot of a mountain near a dark forest.

It was rather lonely for him all day, so he thought up a plan by which he could get a little company and some excitements. He rushed down toward the village calling out, “Wolf! Wolf!’. Afterward the villagers came out to meet him and some of them stayed with him for considerable time.

This pleased the boy so such that a few days afterward he tried the same trick and the villagers came again to help.

But shortly after, a wolf actually did come out from the forest and began to worry the sheep. The boy cried out, “Wolf! Wolf! So much louder than before. But this time the villagers, who had been fooled twice before, thought the boy was again deceiving them. Consequently, nobody came to help him.

So the wolf made a good meal the boy’s flock and when the boy complained, the wise man of the village said: “A liar will not be believed, even when he speaks the truth.”

(Adapted from AESOPS Fables)

 

1. Who is the main character of the  story?

2. What is the complication of the story?

3. What did the villagers do when the boy shouted,’Wolf! Wolf!’?

4. Did the wolf actually appear?

5. Why did the boy do that?

6. Did the villagers accompany him at last? Why?

7. What happened finally?

8. What message can we learn from the story?

9. Mention 5 words indicate past tense!

10. Mention 3 tIme words used in the story!

 

Sekarang cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban berikut ini.

 

 

KUNCI JAWABAN

UJI KOMPETENSI :

  1. A young sheperd boy.
  2. The boy was calling out that there was a wolf but it was just his trick to be accompanied by villagers.
  3. They came out to meet the sheperd boy and some of them stayed with him for a considerable time.
  4. No, it doesn’t.
  5. Because he was rather lonely and want to be accompanied.
  6. No, they didn’t. Because they knew that it was just the sheperd’trick.
  7. Nobody came to help him and he was became the delicious meal of the wolf.
  8. Don’t tell a lie if you want to be believed by others.
  9. Came out, tended, began, tried, cried, made, complained.
  10. Once, afterward, shortly after.

 

SCORE PENILAIAN

NO SOAL BOBOT NILAI

JUMLAH/NA

1 – 10

@ 10

100

\

Setelah Anda cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban, hitunglah bobot nilainya dan jumlahkan. Kemudian carilah Nilai Akhir sesuai dengan tabel masing-masing Uji Kompetensi.

Sekarang lihatlah tabel berikut ini yang menggambarkan kemampuan Anda berdasarkan Nilai Akhir yang Anda peroleh

 

TABEL GAMBARAN KEMAMPUAN

RENTANG NILAI

TINGKAT KEMAMPUAN

1 – 30

 

Anda kurang memahami materi ini. Silakan Anda mengulangi membaca dan mempelajari kembali materi ini dari awal.

 

31 – 60

 

Anda memiliki pemahaman yang cukup terhadap materi ini. Namun Anda bisa mudah lupa dan mengalami kesulitan dalam menjawab kembali pertanyaan yang sama. Oleh karena itu cobalah mengerjakan kembali semua soal Uji Kompetensi agar kemampuan Anda lebih meningkat.

 

61 – 80

 

Anda dapat memahami materi ini. Namun ada beberapa materi yang nilainya kurang dan perlu Anda baca kembali sehingga Anda bisa betul-betul menguasainya.

 

81 – 100

 

Selamat! Anda memiliki pemahaman yang baik terhadap materi ini. Oleh karena itu, tingkatkan terus kemampuan Anda dan Anda boleh melanjutkan ke materi berikutnya. Good l

 

 

DAFTAR ISTILAH

         

          Type of the text/ Genre                             :  jenis teks.

          Character                                                            :  tokoh dalam cerita.

Coda                                                                        :  komentar atau pesan moral dari apa

yang diajarkan dalam suatu cerita.

Complication                                                   :  kejadian yang memicu masalah.

Descriptive words                                         :  kata yang memberikan gambaran.

          Generic structure, text structure     :  kerangka teks, struktur teks.

Moral value, message, lesson               :  hikmah atau pesan dari ceritera.

Orientation                                                        :  bagian awal ceritera yang

                                                                                                  menceriterakan siapa (who), dimana

(where), dan kapan (when).

Resolution                                                         :  pemecahan masalah.

Sequence of events                                     :  urut-urutan peristiwa.

          Time words/time signals                       :  penanda waktu.      


Penyusun :

Helena Sefantiah

NIP. 196108181985032011

Igsef.wordpress.com

 

About these ads